Rumus Volume Bangun Ruang! Ini rahasianya

Bagi anak matematika akan terasa menyenangkan ketika memang dasarnya sudah ada kemampuan dalam berhitung. Tetapi akan terasa menyebalkan ketika dalam diri anak tidak ada sama sekali konsep hitung yang tumbuh pada dirinya.

Itu sudah menjadi realita di lapangan, ada anak yang berharap sekali untuk selalu mendapatkan pelajaran matematika. Dengan senangnya ketika guru yang bersangkutan dilihatnya masuk kerja atas pelajaran matematika yang akan didapatkan. Tetapi di lain pihak ada anak yang merasa kesal ketika melihat guru matematika masuk, apalagi ada PR yang belum bisa dikerjakan. Bahkan pelajaran matematika sudah menjadi momok yang ditakuti oleh anak.

Disinilah sebenarnya dibutuhkan ketulusan dari seorang guru untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap anak yang akan menjadi penerus kedepan bangsa ini. Perlu adanya strategi khusus untuk menerapkan pendekatan bagaimana supaya pelajaran matematika itu bisa menyenangkan setiap anak. Padahal kalau kita lihat di setiap tingkah dan prilaku dalam kehidupan tidak bisa lepas dengan apa yang namanya matematika.

Apa yang dipaparkan diatas adalah sebuah keluh kesah dari sebagian kecil yang ada dipendidikan. Selanjutnya pokok utama dalam artikel ini adalah bagiamana cara mengajarkan kepada anak untuk mencari / menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan volume.

Voume:
Seperti yang sudah dikenal dan mungkin sudah dipelajari secara berulang dari kelas 3 sampai dengan 6 rumus volume bangun ruang seperti kubus = sisi x sisi x sisi, balok = p x l x t, Prisma tegak segitiga = ½ x alas prisma x tinggi alas prisma x tinggi prisma, dan tabung = π x r2 x tinggi.

Jika dilihat dari apa yang telah di tulis diatas rahasianya untuk mencari volume adalah :

1) Rumusnya hanya satu yaitu Luas alas x tinggi.

Disini sekarang tergantung bentuk alas dari bangun ruang yang akan di cari. Jika alas bangun ruang adalah persegi panjang, maka rumus luas persegi panjang tersebut adalah p x l (panjang x lebar) karena volume maka x tinggi. Rumus diatas tidak berlaku untuk limas dan  kerucut

2) Tahu dan mengerti tentang sifat-sifat dari bangun ruang.

Kenapa? Dengan mengetahui sifat-sifat dari bangun ruang tersebut akan dapat memudahkan dalam menganalisa rumus apa yang tepat untuk dipakai dalam pemecahan masalahnya.

Volume bangun ruang

Contoh soal:

1. Sebuah kolam renang diketahui luas alas penampangnya 60 m2. Jika tinggi kolam renang tersebut adalah 2 meter berapakah bisa menampung air sampai penuh?

Pembahasan:
Volume = Luas alas x tinggi
= 60 m2 x 2 m
= 120 m3

2. Sebuah prisma tegak segitiga Setelah di ukur alas dan tinggi segitiganya adalah 8 meter dan 3 meter panjang prisma tersebut 13 meter. Berapakah volume prisma tegak segitiga tersebut?

Pembahasan :
Volume = Luas alas x tinggi
= ½ x 8 m x 3 m x 13 m
= 12 m2 x 13 m
= 156 m3

Soal Latihan

3. Robet ingin membuat lampion berbentuk kubus dengan kertas berwarna. Untuk itu, Robet lebih dahulu harus membuat kerangkanya dari kawat. Jika rusuk kerangka kubus itu panjangnya 25 cm, berapa meter kawat yang diperlukan?

4. Volume sebuah kubus yang rusuknya 6 cm, sama dengan volume sebuah balok yang panjangnya 8 cm, lebarnya 6 cm. Berapakah tebal balok tersebut?

5. Untuk keperluan olahraga, sebuah SD membuat bak pasir di halaman sekolah. Panjangnya 6 m, lebarnya 2,5 m, dan dalamnya 0,4 m. Bak itu akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir untuk memenuhi bak itu?

6. Sebuah bak mandi panjangnya 90 cm, lebarnya 75 cm, dan dalamnya 40 cm. Bak itu diisi dengan timba kaleng berukuran panjang 20 cm, lebar 15 cm, dan dalamnya 20 cm. Berapa timba dibutuhkan untuk mengisi air hingga bak itu penuh?

KUNCI JAWABAN
Kunci jawaban mengenai volume bangun ruang ini bisa dijadikan acuan untuk memeriksa kebenaran jawaban yang telah dikerjakan mengacu pada rumus-rumus yang sudah dijelaskan diatas.

3. 300 cm (petunjuk : cari berapa banyak rusuk kubus. Kemudian kalikan dengan panjangnya)
4. 4,5 cm (petunjuk : cari volume kubus. Hasilnya di bagi hasil kali dari panjang dan lebar balok)
5. 6 m3 (petunjuk : sudah jelas gunakan rumus volume balok)
6. 45 timba (petunjuk : cari volume bak mandi dan voleme timba kaleng. Hasil volume bak mandi dibagi hasil volume timba kaleng)

Demikian semoga bermanfaat

Temukan juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Rumus Volume Bangun Ruang! Ini rahasianya"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel