SIlabus Lengkap Agama Hindu dan Bahasa Bali Kurikulum 2013

Sebagai warga Negara umat Hindu memiliki konsep Dharma Negara dan Dharma Agama, yang telah tertuang dalam pesamuhan agung Parisada Hindu Dharma Indonesia Tahun 1963, tersurat dan tersirat secara langsung maupun tidak langsung, mendukung keutuhan NKRI, diantaranya:

  1. Agama Hindu selalu mengajarkan konsep Tri Hita Karana (hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam lingkungan).
  2. Agama Hindu selalu menekankan ajaran Tat Twam Asi (toleransi antar sesama) bahwa dalam diri manusia memiliki sumber hidup yang sama.
  3. Agama Hindu selalu menekankan persaudaraan pada semua makhluk (Vasudaiva Kutumbhakam).
  4. Agama Hindu selalu menjauhkan fanatisme sempit dan radikalime yang menyimpang dari nilai-nilai Dharma.
  5. Agama Hindu selalu menekankan ajaran Susila, Dharma dan Satya.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.  Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik. 

Silabus Agama Hindu dan Bahasa Bali

Berikut link download silabus Agama Hindu dan Bahasa Bali kurikulum 2013


Silabus Agama Hindu Versi 1-2016 kelas 1 s.d. 6 [Download]

Silabus Agama Hindu Versi.2

  • Silabus Agama Hindu Kelas 1 [Download]
  • Silabus Agama Hindu Kelas 2 [Download]
  • Silabus Agama Hindu Kelas 3 [Download]
  • Silabus Agama Hindu Kelas 4 [Download]
  • Silabus Agama Hindu Kelas 5 [Download]
  • Silabus Agama Hindu Kelas 6 [Download]
  • KI dan KD Agama Hindu dan Budi Pekerti  [Download]

Selanjutnya silahkan juda download silabus Bahasa Bali

Silabus Bahasa Bali Kurikulum 2013 dan KI, KD nya [Download]

Hal Lain
  • Dapatkan Pula : Silabus Tema Semua Kelas [ Open ]
  • Aplikasi Rapor K13 [ Open ]
  • Buku Agama dan Budi Pekerti [ Open ]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "SIlabus Lengkap Agama Hindu dan Bahasa Bali Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel