Cara Membuat Diagram Batang dari Data yang Disajikan

Salam jumpa semuanya!!! Kali ini bertemu dengan saya. Mari kita belajar tentang bagaimana cara membuat diagram batang dari data ya g sudah disajikan.

Cara Membuat Diagram Batang
Gambar 3

Pengertian#1 diagram batang : Diagram batang adalah grafik yang mewakili data dalam bentuk persegi panjang vertikal atau horizontal. Diagram ini, umumnya digunakan untuk menggambarkan kinerja objek pencarian selama periode waktu tertentu. Bagan batang akan menampilkan informasi dengan batang vertikal atau horizontal dan memiliki lebar yang sama dengan batang yang terpisah. Ada dua jenis diagram batang, yakni diagram batang vertikal atau tegak dan horizontal atau datar.

Pengertian #2 diagram batang : Merupakan suatu diagram dengan persegipanjang yang mewakili  frekuensi dari suatu nilai data tertentu. Semakin besar frekuensi maka semakin panjang pula persegi panjang yang mewakilinya. Diagram batang biasanya digunakan dalam penyajian data tunggal maupun berkeleompok dan berguna untuk melihat fluktuasi dari suatu data.

Mari kita lihat soal contoh berikut :

Dayu mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Nusantara 01. Setelah menanya satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V SD Nusantara 01 adalah sebagai berikut. Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang. TNI sebanyak 5 orang. Petani sebanyak 12 orang. Guru sebanyak 3 orang. Wiraswasta sebanyak 2 orang.

Buatlah diagram batangnya :

Langkah-langkah :
  1. Buatlah garis vertikal dan horizontal terlebih dahulu
  2. Untuk grafik batang vertikal, tulis nilai atau nama data pada sumbu horizontal dan frekuensi setiap nilai atau nama tersebut pada sumbu vertikal. Sedangkan untuk grafik batang horizontal, tulis nilai atau nama data pada sumbu vertikal dan tulis frekuensi masing – masing nilai atau nama tersebut pada sumbu horizontal dan buatlah label pada kedua sumbu.
  3. Buat persegi panjang yang cocok dengan nilai atau nama setiap data dengan frekuensinya.
  4. Beri nama diagram balok tersebut berdasarkan data yang disediakan.
Lihat gambar-gambar berikut!

Cara Membuat Diagram Batang
Gambar 1

Cara Membuat Diagram Batang
Gambar 2



Tutorial lengkapnya bisa di cek disini [ Open ]

Soal Latihan :

Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas IV sampai kelas VI SD Nusantara 05 .Petani ada 25 orang. Nelayan ada 15 orang. Penjahit ada 8 orang. Wirausaha ada 13 orang. Pedagang ada 12 orang. Tentara ada 6 orang. Polisi ada 2 orang. Guru ada 6 orang. Buruh ada 15 orang.

Buatlah diagram batangnya :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Diagram Batang dari Data yang Disajikan"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel