Perubahan Jumlah Mapel USBN SD 2018

Perubahan Jumlah Mapel USBN SD 2018

Benarkah? Dikutip dari berbagai sumber baik dari internet dan dari media sosial yang ada bahwa USBN SD tahun 2018 akan terbagi menjadi 8 mata pelajaran yaitu :

Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK).

Mungkin hal ini akan mengejutkan bagi guru ataupun siswa kelas 6 yang dulunya diketahui bahwa  Ujian Nasional adalah terbagi ke dalam 3 mapel yaitu : ( Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika ).

Disamping perubahan mata pelajaran yang diujikan jumlah soal tiap-tiap mapelnya ada perubahan dengan menyertakan soal uraian di masing – masing mata pelajaran.

Jadi baik sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 maupun K13 akan diadakan USBN ke 8 mapel tersebut yang diusulkan oleh BSNP ke Kemendikbud tinggal menunggu Revisi permendikbud No. 3 tahun 2017.

Perubahan jumlah mapel uasbn 2018


Berikut perincian soal yang dapat kami baca dari berbagai sumber yang ada :

  1. Pendidikan Agama dengan 45, soal dengan pilihan ganda sebanyak 40 soal dan uraian 5 soal
  2. Bahasa Indonesia dengan 45, soal dengan pilihan ganda sebanyak 40 soal dan uraian 5 soal
  3. IPA dengan 40 soal, dengan pilihan ganda sebanyak 35 soal dan uraian 5 soal
  4. Matematika 40 soal, dengan pilihan ganda 35 soal dan uraian 5 soal
  5. IPS dengan 45 soal, dengan pilihan ganda 40 soal dan uraian 5 soal
  6. PKn dengan 45 soa,l dengan pilihan ganda 40 soal dan uraian 5 soal
  7. SBDP dengan 45 soal, dengan pilihan ganda 40 soal dan uraian 5 soal
  8. PJOK dengan 45 soal, dengan pilihan ganda 40 soal dan uraian 5 soal

Hal yang mengejutkan pula adalah dengan adanya mapel SBDP dimasukkan ke dalam USBN dimana seperti tahun – tahun sebelumnya belum pernah ada.

Perubahan Kisi – kisi USBN SD 2018

Dengan adanya perubahan tersebut tentunya kisi-kisi disetiap mapelnya akan mengalami perubahan kemungkinan akan ada penambahan ataupun bisa juga pengurangan supaya relevan dengan jumlah soal. Jadi saya berharap agar semua KD bisa tertampung secara proposional. Jika ingi  mendapatkan kisi-kisi bisa menuju langsung ke halaman Kisi-kisi USBN SD 2018.

Pembuatan Naskah USBN SD 2018

Untuk pembuatan naskah USBN SD 2018 infonya  diserahkan ke tingkat Kabupaten/kota masing-masing dengan melibatkan guru-guru yang berkompeten dibidangnya dengan porsi 75% dari tingkat kabupaten/kota dan 25% lagi dari tingkat Pusat.

Sedangkan untuk Mata Pelajaran SBDP dan PJOK termasuk juga kisi-kisinya bisa dibuat lewat forum KKG di wilayah tersebut.

Pendapat tentang perubahan USBN SD 2018

Dari apa yang dipaparkan di atas dengan adanya perubahan ini bahwa saya merasa setuju dan masuk akal sebab nantinya para siswa ataupun para guru tidak akan selalu fokus kepada 3 mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dalam pembelajaran.

Apalagi hanya mengejar target yang itu-itu saja. Ini jelas dapat menganak tirikan mata pelajaran yang lain padahal menurut saya itu adalah semuanya penting.

Dan saya berharap pula agar apa yang di USBN kan itu nilainya dalam mencari sekolah ke jenjang yang lebih tinggi tidak menjadi syarat utama untuk diterima di sekolah bersangkutan.

Untuk sementara hanya itu info yang saya dapatkan dan apabila ada info terbaru terkait USBN SD 2018 bisalah para pembaca untuk corat-coret di kolom komentar dibawah sebagai masukan dan kemajuan pendidikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perubahan Jumlah Mapel USBN SD 2018"

Posting Komentar

Kami hanya berbagi informasi, jika ada yang salah atau kurang pas dan ada yang didiskusikan silahkan berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel